Selamat Di Situs Resmi Pedepokan gunung Jati(Asuhan langsung Sesepuh Mbah Jenar).Tulisan ini Hanya sebagai wejangan semata.Ambil sisi Positifnya saja.

LAKU MUTIH

Ilustrasi gambar.
Laku mutih atau bisa di katakan Puasa Mutih adalah laku menghindari makanan yang berwarna selain putih dan juga mengandung rasa tambahan.pokoknya hanya memakan nasi putih tanpa garam dan lain-lain serta hanya minum air putih tawar saja.
     Tujuan laku mutih adalah untuk menguatkan sodara putih yang berasal dari unsur udara,yang biasa di sebut Muthma'innah.Juga untuk melemahkan tiga saudara lainya yang berasal dari unsur api(amarah)Nafsu udara ini di percaya selalu dekat kepada kesucian tuhan dan selalu hiruk piruk duniawi.
  Tugas daru muthma'innah adalah memimpin ketiga saudara yang lain untuk menghindari bujukan duniawi supaya mau mengikuti tuntunan tuhan saja.
           Sedangkan saudara yang lain,lebih tertarik kepada pesona duniawi yang serba berubah tidak pasti.
Yang paling ditakutkan adalah ketika lawwamah yang paling dekat dengan materi duniawi.
sudah terjerat bujukan setan.sehingga menarik kedua sodaranya yang lain untuk membantunya.
  Lumrahnya laku mutih di jalankan oleh orang yang ingin mencapai tingkat keteguhan hati yang tinggi.sehingga tidak mudah tergoda oleh tipuan duniawi.dan laku mutih ini juga di lakukan untuk mencapai tingkat sepiritual tingkat tinggi.

Baca Juga

Asal Tahu

Laku ngeleng/ngguwo.berarti masuk berarti masuk bertapa ke dalam gua,tidak makan dan minum.berguna untuk mendapatkan fikiran dari hiruk piruk duniawi hingga hening hati kepada tuhan.biasanya laku ini di lakukan kepada orang yang prihatin dengan keadaan dunia dan memohon petunjuk tuhan untuk kentrentraman dunia.(seperti tindakan Nabi Muhammad di Gua Hira).

Asal Tahu

RUMPUT ALANG-ALANG dapat di gunakan untuk mengantung jodoh seorang wanita/pria.caranya.alang-alang yang sudah di beri mantra di buat simpul,bisa simpul 3/7 sesuai keinginan si pengirim.lalu alang alang di tanam di dekat rumah orang yang di tuju.niscaya tidak akan laku kawin seumur hidup meski Wajahnya cantik/tampan.

Asal Tahu

Laku ngalong menirukan kehidupan kalong(kelelawar besar pemakan buah yang hidup tergantung di dahan pohon dengan kaki di atas dan kepala di bawah).biasanya di lakukan oleh orang yang berniat melawan hukum alam yang sudah lazim.contohnya adalah untuk ilmu meringankan tubuh dan terbang melayang.