Ikuti Kami Di Facebook

SIFAT KEJAWEN

Manusa jawa atau yang di sebut Kejawen harus menjalankan sifat hidup yang disebut dengan istilah"Hasta sila" yang terdiri dari tri sila dan pancasila.Tri sila merupakan pedoman hidup sehari-hari,yakni merupakan tiga hal yang harus dituju oleh budi dalam rangka menyembah kepada Tuhan.
          Tiga sikap dasar itu yakni:"eling"(sadar),pracaya(percaya),dan mituhu(setia) menjalankan perintah tuhan.Tuhan merupakan kesatuan dari tiga sifat yang disebut: suksma kawekas(Allah swt),suksma sejati(rosullulah) dan roh suci(jiwa manusia) Ketiganya di sebut tripurusa.
                      Pancasila terdiri dari lima watak manusia yang disebut:rila,nrima,temen,sabar,dan budi luhur.
Rila,yaitu sifat iklas hati sewaktu menyerahkan segala kekuasaan,milik,dan kartya kepada tuhan

Nrima,yaitu merasa puas dengan nasib yang diterimanya,apapun yang sudah terpegang diterima dengan"nrimo ing pandum" sehingga jiwanya tidak"ngangsa dan ngaya".

Sabar,adalah sifat momot,kuat terhadap segala cobaan atau ujian tetapi tidak putus asa,tidak sempit pandanganya,dalam ungkapan dikatakan"ati segoro".

Budi luhur,adalah watak untuk menjalankan tugas hidupnya dengan segala tabiat dan watak serta sifat-sifat yang dimiliki tuhan,seperti halnya sikap "adil paramarta berbudi bawa leksana"

Sikap hidup diatas masih harus ditunjang lagi dengan pedoman hidup manusia jawa yang di sibut:ojo dumeh dan ajo mumpung.Misalnya:ojo dumeh sugih,pinter,gagah,kuwoso dan lain-lain.melalui sikap ojo dumeh manusia akan mudah untuk mewas diri.mereka akan mampu berbuat tepo sliro terhadap sesama.sehingga tidak berlaku daksiya atau sewenang-wenang.
    Sikap ojo mumpung yang sering dikatakan mumpung ngisme merupakan pedoman mengendalikan diri dari sifat-sifat serakah dan angkoro muko budi candhalo.apabila sedang memiliki kedudukan,manusia juga akan selalu mengendalikan diri untuk berbuat yang sepantasnya.mereka akan ingat bahwa"rodo kuwi mubeng" karena hidup didunia ini tidak akan berjalan ajeg.
           Itulah gambaran orang yang sadar diri dalam sifat kejawen,manusia mampu melakukan watak mawas diri dalam ajaran bratakesewa.               

SIFAT KEJAWEN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fajar

Asal Tahu

Laku ngeleng/ngguwo.berarti masuk berarti masuk bertapa ke dalam gua,tidak makan dan minum.berguna untuk mendapatkan fikiran dari hiruk piruk duniawi hingga hening hati kepada tuhan.biasanya laku ini di lakukan kepada orang yang prihatin dengan keadaan dunia dan memohon petunjuk tuhan untuk kentrentraman dunia.(seperti tindakan Nabi Muhammad di Gua Hira).

Asal Tahu

RUMPUT ALANG-ALANG dapat di gunakan untuk mengantung jodoh seorang wanita/pria.caranya.alang-alang yang sudah di beri mantra di buat simpul,bisa simpul 3/7 sesuai keinginan si pengirim.lalu alang alang di tanam di dekat rumah orang yang di tuju.niscaya tidak akan laku kawin seumur hidup meski Wajahnya cantik/tampan.

Asal Tahu

Laku ngalong menirukan kehidupan kalong(kelelawar besar pemakan buah yang hidup tergantung di dahan pohon dengan kaki di atas dan kepala di bawah).biasanya di lakukan oleh orang yang berniat melawan hukum alam yang sudah lazim.contohnya adalah untuk ilmu meringankan tubuh dan terbang melayang.

Baca Juga