Ikuti Kami Di Facebook

SODARA GAIB

Dalam ajaran jawa di kenal istilah Sedulur papat limo pancer,pancer adalah diri kita.setiap diri manusia mempunyai empat sodara.ketika manusia masih berupa janin di dalam perut ibu nya,keempat sodara ini nyata.kasat mata.bisa dilihat dengan mata kepala.dapat dilihat dengan mata telanjang.tentang sedulur papat lima pancer ini,juga telah di sebutjkan dalam tembang sunan kalai jaga sebagai berikut.


Ana kidung akadang premati,among tuwuh ing kuwasanira,nganakaken seciptane,kakang kawah puniku,kang rumekso ing awak mami,anekakaken sedyo,pan kuwasanipun,adi ari ari ika.
               Kang mayungi ing laku kuwasaneki,anakaken pengarah,punang getig ing rahino wengi,angrowangi allah kang kuwasa,andadekaken karsane,puser kuwasanipun,nguyu-nguyu sambawa mami,nuruti ing panedo,jangkep kadang ingsun papat,kalimane pancer wus dadi sawiji.

         yang kalau di terjamahkan kurang lebih sebagai berikut.ada sabda tentang sodara kita yang merawat secara sungguh-sunguh.yang memelihara berdasarkan kekuatanya.apa yang dicipta terwujud,ketuban itu,yang menjaga badan saya,yang menyampaikan kehendak,dengan kuasanya,dinda ari-ari itu,yang memayungi semua tindakanya berdasarkan kekuasaanya/yang menyampaikan tujuan.
            Sedangkan darah siang atau malam membantu allah yang kuasa,mewujudkan kehendaknya,pusar kekuasaanya,memperhatikan sungguh-sungguh menjadi wujudku,memenuhi permintaanku,kekuasaanya itu,maka lengkaplah empat sodara saya,kelimanya sebagai pusat,sudah menjadi satu,manunggal dengan wujudku.

           Dari dua buyi kidung itu,jelas apa yang sudah dinamakan saudara empat.semuanya merupakan sodara kandung ketika manusia masih berupa janin.mereka semua menjaga pertumbuhan manusia di dalam kandungan ibu.anak pertama adalah kakak dari sang janin,yaitu ketuban atau kawah.ketika seorang ibu melahirkan yang pertama kali yang keluar adalah ketuban.karena itu di sebut sodara tua.dia berfungsi sebagai penjaga sang janin di dalam rahim.
                  Setelah itu sodara sekandung yang lebih muda adalah ari-ari.pembungkus janin di dalam rahim.diyatakan bahwa ari-ari memayungi tindakan sang janin di dalam perut ibu yang menyampaikan ke dalam tujuan.begitu bayi lahir,maka ari-ari ikut keluar.ia mengantarkan sampai tujuan,yaitu lahir dengan selamat di sertai pengorbanan dirinya.
                Darah inipun sodara sang janin,tanpa ada darah janin bukan saja tidak bisa tumbuh,tetapi juga akan mengalami keguguran.

     Pusar.puser/wudel bahasa jawanya.pusar sendiri sebenarnya hanyalah bekas menempelnya tali pusar pada perut.tali pusarlah yang menghubungkan antara perut bayi dalam rahim dan ari-ari.ia sebagai penyalur makanan dari ibu ke bayi dalam kandungan.dengan tali pusar itu bayi mendapatkan makanan dari induknya.pusar berfungsi untuk memenuhi permintaan si bayi.

               Umumnya orang mengetahui ketuban,ari-ari,darah,dan tali pusar itu adalah wahana,atau alat yang diperlukan untuk pertumbuhan jabang bayi di dalam perut begitu bayi dilahirkan.
      Lain dengan pandangan jawa,pandangan yang telah di terima orang jawa yang beragama apapun,maksud saya,orang jawa yang mengerti pandangan jawa.meski beragama apapun tetap mempercai bahwa dalam hidup di dunia ini sodara empat itu tatap menjaga.baik didalam kandungan maupun di alam nyata.semoga pembabaran di atas dapat menjadi pengetahuan pembaca semua.       

SODARA GAIB Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fajar

Asal Tahu

Laku ngeleng/ngguwo.berarti masuk berarti masuk bertapa ke dalam gua,tidak makan dan minum.berguna untuk mendapatkan fikiran dari hiruk piruk duniawi hingga hening hati kepada tuhan.biasanya laku ini di lakukan kepada orang yang prihatin dengan keadaan dunia dan memohon petunjuk tuhan untuk kentrentraman dunia.(seperti tindakan Nabi Muhammad di Gua Hira).

Asal Tahu

RUMPUT ALANG-ALANG dapat di gunakan untuk mengantung jodoh seorang wanita/pria.caranya.alang-alang yang sudah di beri mantra di buat simpul,bisa simpul 3/7 sesuai keinginan si pengirim.lalu alang alang di tanam di dekat rumah orang yang di tuju.niscaya tidak akan laku kawin seumur hidup meski Wajahnya cantik/tampan.

Asal Tahu

Laku ngalong menirukan kehidupan kalong(kelelawar besar pemakan buah yang hidup tergantung di dahan pohon dengan kaki di atas dan kepala di bawah).biasanya di lakukan oleh orang yang berniat melawan hukum alam yang sudah lazim.contohnya adalah untuk ilmu meringankan tubuh dan terbang melayang.

Baca Juga