Selamat Di Situs Resmi Pedepokan gunung Jati(Asuhan langsung Sesepuh Mbah Jenar).Tulisan ini Hanya sebagai wejangan semata.Ambil sisi Positifnya saja.

Pedepokan Gunung Jati

KEKERAMATAN BULAN SURO

Kata suro merupakan sebutan bagi bulan muharam dalam masyarakat jawa.kata tersebut sebenarnya berasal dari kata asyura dalam bahasa arab berarti sepuluh.yakani tanggal 10 bulan muharam.
       Sebagai mana terlihat tentang pemaparan tentang bulan muharam seperti di atas,tampak bahwa tanggal 10 bulan muharam bagi masyarakat islam memiliki arti yang sangat penting.memang dasar-dasarnya tidak begitu sahid atau kuat.namaun itu sudah menjadi tradisi bagi masyarakat muslim.
            Karena pentingnya tanggal itu,oleh masyarakat islam indonesia,jawa utamanya,tanggal itu ahirnya menjadi lebih terkenal dibanding nama bulan nama bulan muharam itu sendiri.yang paling populer adalah asyura dan dalam lidah jawa menjadi suro.yang menjadi kalender nama bulan pertama di kalender islam jawa.
         Kata suro juga menunjukan arti penting 10 hari pertama dalam sisitem kepercayaan islam jawa.dimana dari 29 atau 30 hari bulan muharam,yang dianggap paling keramat adalah sepuluh hari pertama.atau lebih tepetnya sejak tanggal 1 sampai 8 saat mana diadakan kenduri bubur suro.namun,mengenai kekeramatan bulan suro bagi masyarakat jawa,lebih disebabkan oleh faktor atau pengaruh budaya kraton.bukan karena kesangaran bulan itu sendiri.
       Kekeramatan bulan suro,yang menimbulkan kepercayaan bahwa bentuk-bentuk kegiatan tertentu seperti pernikahan,hajatan,dan sebagainya tidak berani melakukan.bukan karena tidak boleh.akan tetapi masyarakat islam jawa memiliki anggapan,bahwa bulan itu(suro/muharam) sebagai bulan(milik) gusti allah.
            Karena terlalu mulianya bulan suro ini,maka dalam sistem kepercayaan masyarakat jawa islam tidak kuat memandang,terlalu lemah untuk menyelenggarakan hajatan pada bulan allah itu.
         bagi masyarakat jawa,hamba atau manusia yang kuat menyelengarakan hajatan pada bulan suro tersebut hanyalah raja atau sultan.sehingga bulan suro ini,dianggap bulan sebagai hajatan oleh kraton dimana rakyat biasa akan kualat jika ikut-ikutan melaksanakan hajatan tertentu.

Baca Juga

Asal Tahu

Laku ngeleng/ngguwo.berarti masuk berarti masuk bertapa ke dalam gua,tidak makan dan minum.berguna untuk mendapatkan fikiran dari hiruk piruk duniawi hingga hening hati kepada tuhan.biasanya laku ini di lakukan kepada orang yang prihatin dengan keadaan dunia dan memohon petunjuk tuhan untuk kentrentraman dunia.(seperti tindakan Nabi Muhammad di Gua Hira).

Asal Tahu

RUMPUT ALANG-ALANG dapat di gunakan untuk mengantung jodoh seorang wanita/pria.caranya.alang-alang yang sudah di beri mantra di buat simpul,bisa simpul 3/7 sesuai keinginan si pengirim.lalu alang alang di tanam di dekat rumah orang yang di tuju.niscaya tidak akan laku kawin seumur hidup meski Wajahnya cantik/tampan.

Asal Tahu

Laku ngalong menirukan kehidupan kalong(kelelawar besar pemakan buah yang hidup tergantung di dahan pohon dengan kaki di atas dan kepala di bawah).biasanya di lakukan oleh orang yang berniat melawan hukum alam yang sudah lazim.contohnya adalah untuk ilmu meringankan tubuh dan terbang melayang.