Ikuti Kami Di Facebook

JENIS-JENIS MAKLUK HALUS

GENDRUWO:
       
              Gendruwo adalah merupakan sejenis memedi hutan atau kebun,yang dapat menampakan diri dalam berbagai bentuk.baik pada siang maupun pada malam hari.pada sian hari sering terlihat dalam bentuk seekor macan atau ular yang sangat besar atau jaga sebagai buaya.
            Bisa juga menampakan sosok sebagai burung pemangsa atau binatang pemangsa yang ditakuti manusia.pada malam harinya,gendruwo dapat berubah bentuk menjadi seorang pemuda yang cakap yang hanya menggangu perempuan yang sedang berjalan sendiri pada malam hari dan di jalanan yang sepi.namun kemudian menyerangnya.
        Bila perlu gendruwo dapat menghilangkan dirinya sehingga tidak tampak.kehadiranya hanya dapat di ketahui atas pengaruhnya yang aneh pada seseorang.sebagai memedi/makluk halus di tidak berbahaya,tatapi menggangu orang dengan menampakan diri secara tiba-tiba dan dalam bentuk yang seram.
    Gendruwo juga kadang menggangu orang dengan cara melempar batu atau alat lainya ke genteng rumah.terkadang gendruwo juga meludahi manusia atau binatang dengan air liur sirih merah.bahkan mereka juga sering mengetok-ngetok pintu atau cendea rumah.kalau lampu menyala,tiba-tiba mati tanpa di terpa angin.
                  Dipercaya oleh orang jawa di sebabkan oleh tiupan gendruwo.meskipun tidak berbahaya,apabila seseorang bertemu dengan gendruwo secara tiba-tiba kaget dan ahirnya sakit.oleh karena itu,tidak heran di jawa gendruwo di takuti.

WEWE:

          Wewe adalah istri gendruwo.orang jawa mengambarkan wewe sebagai sosok perempuan tua yang sangat menakutkan dengan badan yang kurus keriput,dan dengan muka yang buruk.
        Serta mempunyai buah dada yang mengantung hampir sampai tanah.memedi ini selalu berusaha mencuri anak-anak.yang kemudian akan di sembuyikan di buah dadanya untuk ahirnya di bawa kesebuah tempat yang tersembunyi sehingga korbanya dapat mengalami kecelakaan.

KUNTILANAK;

              kuntilanak dinamakan juga punthianak adalah memedi perempuan dalam bentuk seseorang perempuan yang sangat cantik dengan rambut terurai panjang sampai ke tanah.akan tetapi di tidak mempunyai alat kelamin,dan sebagai pengantinya hanya mempunyai satu lubang yang bulat.
           Yang bergerak-gerak menjalar melalui sekujur tubuhnya.oleh karena itu,mereka juga di namakan sundelbolong. suara tawa sundelbolong terdengar seperti suara tawa seorang pelacur.perjumpaan dengan sosok ini dapat menimbulkan sebuah penyakit,namun jika kita berhasil menjambak rambutnya yang panjang maka kuntilanak mencoba menyogok agar ia dapat di lepas.sogokanya ia akan menawarkan sebuah permintaan.dengan mengucapkan suatu kehendak di hadapanya,kemungkinan kehendak itu dapat terlaksana.
     Secara umum,kuntilanak di takuti oleh anak-anak atau ibu dari anak-anak kecil.akan tetapi,kuntilanak tidak diberi sesajen atau di sembah.untuk melindungi dari ngangguan kuntilanak,seorang dukun bersalain biasanya membakar kemenyan dan menempatkan pisau tajam di bawah kolong tempat tidur ibu yang bersalin.


 BANASPATI:

                    Banaspati adalah merupakan sosok yang mengerikan dalam bentuk raksasa buas.dengan tangan dan kaki mengarah ke udara,dengan posisi kepala dibawah serta mulutntya yang bergoyang akan menagkap semua yang dijumpainya.
          Banaspati dengan lompatan yang dasyat menerkam mangsanya kemudian di tekan dengan bahunya ketanah kemudian untuk di hisap darahnya.bertemu dengan memedi yang demikian sangat menakutkan dan menyebabkan oarang bisa sakit keras.yang di susul dengan kematian.banaspati merupakan jenis makluk halus yang sangat di takutu dan selulu di hindari manusia.


JERANGKONG:

                    Jerangkong biasanya berbentuk anjing hitam yang kurus dengan bulu putih atau bulu kasar yang menutupi kepalanya.memedi ini kurang berbahaya.lebih bersifat menggangu.dan kesenanganya adalah untuk mengoda atau menyedihkan manusia dengan segala cara.
               Misalnya,mereka mengoda dengan menabur pasir di makanan,atau minuman,panci-panci dan tempayan di dapur di aduk-aduk.dan secara tiba-tiba dengan suatu lompatan dapat berada di muka orang.sehingga orang akan terkejut hingga pingsan.

HANTU DARAT


                  Hantu darat biasanya tinggal di kaki pohon tua.pada malam hari,dia meninggalkan tempatnya dalam pakaian seorang haji.dengan cara ini,hantu darat membuat orang-orang yang dijumpainya sangat terkejut hingga ahirnya mendapat sakit yang keras,atau bila tidak.menjadi linglung dalam waktu yang sangat lama.

HANTU LAUT

                   Hantu laut sangat ditakuti seorang pelaut karena selalu mendatangkan cuaca yang buruk atau musibah.memedi ini akan menampakkan diri sebagai bola api atau binatang yang menyala yang jatuh di ujung tiang dari kapal.bila hantu laut ini datang,cuaca burukpun datang yang dapat mendatangkan kecelakaan.

KEMAMANG.

                  Kemamang seperti hantu laut.yang menampakan diri sabagai bola api besar yang menyala dan redup lagi secara silih berganti dan sering.terutama pada malam-malam yang gelap.sosok ini kelihatan atau biasanya muncul di rawa-rawa atau lapangan yang terbuka.

JENIS-JENIS MAKLUK HALUS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fajar

Asal Tahu

Laku ngeleng/ngguwo.berarti masuk berarti masuk bertapa ke dalam gua,tidak makan dan minum.berguna untuk mendapatkan fikiran dari hiruk piruk duniawi hingga hening hati kepada tuhan.biasanya laku ini di lakukan kepada orang yang prihatin dengan keadaan dunia dan memohon petunjuk tuhan untuk kentrentraman dunia.(seperti tindakan Nabi Muhammad di Gua Hira).

Asal Tahu

RUMPUT ALANG-ALANG dapat di gunakan untuk mengantung jodoh seorang wanita/pria.caranya.alang-alang yang sudah di beri mantra di buat simpul,bisa simpul 3/7 sesuai keinginan si pengirim.lalu alang alang di tanam di dekat rumah orang yang di tuju.niscaya tidak akan laku kawin seumur hidup meski Wajahnya cantik/tampan.

Asal Tahu

Laku ngalong menirukan kehidupan kalong(kelelawar besar pemakan buah yang hidup tergantung di dahan pohon dengan kaki di atas dan kepala di bawah).biasanya di lakukan oleh orang yang berniat melawan hukum alam yang sudah lazim.contohnya adalah untuk ilmu meringankan tubuh dan terbang melayang.

Baca Juga